Tuesday, February 16, 2010

Virus, Worm Atau Trojan ?

Banyak yang salah kaprah tentang gangguan komputer yang dilakukan oleh “virus”. Saya sengaja memberi tanda kutip agar tidak menjadi semakin salah kaprah, dengan tanda kutip artinya belum jelas, apakah gangguan tersebut memang benar-benar virus atau sebuah trojan, atau mungkin worm, jadi kita runut dulu apa itu semuanya. Agar kita bisa membedakan semua itu dengan jelas dan gamblang.

Beberapa tahun yang lalu sebelum kemunculan Windows, jamannya DOS saya mengenal sebuah virus dengan nama denzuko, sejak itu saya tertarik sekali dengan adanya virus komputer, pola dan cara menggandakan, merusak, membelah diri, melarikan diri dan lain lain cukup menyita waktu saya. Mungkinkah saya bisa membuat virus yang sedemikian canggih ? ah .. saya bukan siapa-siapa hanya seorang pecundang dan tertarik saja mengamati. Coba anda tengok dalam nurani anda, anda pasti ingin membuat virus bukan, jika anda ya, kembali bertanya ke nurani anda, apakah anda senang melihat orang lain susah karena komputernya terjangkiti virus bejibun?. Lantas apa motivasi di balik orang membuat virus yang merusak bahkan merugikan sampai milyaran dollar ?

Mari kita bedah satu satu agar semakin jelas antara perbedaan tersebut :

Virus

Virus komputer sendiri secara harfiah bisa diartikan sebagai suatu program kecil yang bisa menggandakan diri, membelah diri dalam media penyimpanan, baik itu disket, flash disk, hardisk, CD/DVD. Virus bisa berkeliaran kemana-mana karena ada campur tangan manusia, virus tidak akan terpacu jika anda tidak menjalankan file executable, misalnya winword.exe. Jadi pergerakan virus itu memang ada campur tangan manusia, biasanya virus itu akan bekerja dengan menempelkan diri ke file executable lain seperti bat, com. Jadi kalo dalam komputer ada virus jika kita tidak menjalankan suatu file virus tersebut atau file yang telah terinfkesi maka tidak akan terjadi sesuatu. Baik langsung dan tidak langsung virus akan berakibat memperlambat performance komputer, menyebabkan kerusakan software atau mungkin pop iklan yang tidak berguna.

Trojan Horse

Kalo dipandang secara sekilas trojan adalah sebuah program yang kelihatan seperti program yang normal dan valid, tetapi program tersebut membawa suatu kode/script dengan fungsi-fungsi yang sangat berbahaya bagi komputer. Sebagai contoh adalah serangan denial of service yang pernah meluluhtantakan web ini. Sebagai contoh adalah trojan DLoader yang datang dari attachment email sistem operasi Windows yang dianggap sebagai suatu update, jika anda menjalankan maka dia akan melakukan download program dan akan memanfaatkan komputer anda untuk dihubungkan dengan suatu web site tertentu. Targetnya adalah membuat website terebut overload dan tidak bisa diakses. Trojan tidak dapat menyebar seperti virus yang sangat cepat pergerakannya, karena trojan tidak dapat menduplikasi dirinya secara otomatis, namun dalam perkembangannya trojan bisa kerja sama dengan virus dalam hal penyebarannya. Di lain hal, trojan juga digunakan untuk menginfeksi suatu komputer dengan virus, walau trojan tidak bisa menggandakan diri namun trojan juga berbahaya, umumnya trojan dikemas dalam suatu program yang menarik, misalnya game permainan, namun dibalik keunggulan program tersebut tersembunyi fungsi lain untuk melakukan perusakan, pengguna awam pasti akan terpancing untuk menjalankannya, akibatnya bisa menjadikan komputer lumpuh karena secara tak langsung menjalankan rutin-rutin perusak yang terkandung dalam trojan tersebut. Trojan juga berfungsi sebagai mata-mata dalam komputer kita, biasanya para cracker akan mengirim trojan terlebih dahulu sebelum menguasai sebuah komputer.

Worm

Secara garis besar worm merupakan tipe khusus dari virus, namun tidak seperti virus, worm tidak membutuhkan interaksi manusia dalam penyebarannya, worm berdiri sendiri dan tidak membutuhkan interaksi terhadap dirinya sendiri seperti di file executable. Worm dapat menduplikasi dirinya dan menyebar ke dalam sistem komputer. Worm yang paling kentara adalah didesain untuk menyadap alamat email yang tersimpan dalam contact list dan akan mengirimkan dirinya sendiri ke siapa saja yang terdapat dalam contact list, jadi baiknya anda tidak perlu menyimpan daftar alamat email jika tidak ingin disalahgunakan oleh worm. Worm tidak akan menyerang komputer secara langsung hanya membanjiri contact anda, hingga membanjiri bandwidth lalu membuat jaringan menjadi tersumbat. Worm sendiri biasa menyebar melalui disk sweeping artinya melalui hardisk, disket, flash disk, cd/dvd. Worm umumnya tidak merusak, namun demikian selain mengakibatkan kejengkelan pihak korban, serangan worm sangat berbahaya bagi mail server, berjangkitnya worm dapat menyebabkan beban mailserver melonjak dan mempengaruhi perfomanya. Tidak hanya mailserver, komputer pribadi pun bisa menjadi sasaran karena worm mampu menduplikasi dirinya ke dalam memori komputer dalam jumlah sangat banyak, jika secara serentak menduplikasi maka komputer akan menjadi lumpuh. Umumnya worm berbentuk file executable alias berekstensi exe atau scr yang terlampir dalam attachment email, namun ada beberapa jenis worm yang berbentuk script dalam bahasa Visual Basic Script.

Spyware

Spyware adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengumpulkan dan mengirimkan informasi pengguna komputer tanpa diketahui oleh sang pengguna. Informasi yang dicari bisa yang ringan-ringan seperti pola penggunaan komputer untuk tujuan polling, atau situs yang dikunjungi, informasi yang kerap dicari pengguna, obrolan di chating pun bisa dimta-matai oleh spyware, namun juga bisa sangat berbahaya seperti pencurian nomor kartu kredit, PIN perbankan, password suatu akun. Informasi tersebut bisa digunakan untuk menampilkan iklan yang biasanya disebut dengan pop up. Iklan ini tentu saja berkaitan dengan kebiasaan orang berinternet, misal anda suka mencari komputer maka akan dibanjiri dengan iklan berbagai macam hardware. Pola penyebaran spyware mirip dengan trojan. Contohnya flashget, ketika flashget belum diregister flashget akan bekerja seperti spyware, jika dihubungkan dengan internet dan jalankan flashget, biarkan sesaat, pasti akan muncul jendela IE yang menampilkan suatu situs iklan.

Sumber: http://www.yohan-enterprise.com

No comments:

Post a Comment