Tuesday, April 6, 2010

Perkuat YouTube, Google Beli Episodic

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Untuk kelima kalinya tahun ini, Google melakukan akuisisi atas perusahaan lain. Kali ini mungkin untuk memperkuat YouTube karena yang diambil alih adalah Episodic, perusahaan layanan video online. Akuisisi tersebut diumumkan dalam blog Episodic, Jumat (2/4/2010) lalu.
Episodic yang merupakan perusahaan start up di San Francisco, AS didirikan Noam Lovinsky dan Matias Cudich. Perusahaan tersebut menyediakan platform komprehenisf untuk siaran video live di internet dan video on demand di web maupun semua perangkat yang bisa mengakses web.
Pada dasarnya, selama ini Episodic merupakan penyedia layanan video hosting dan solusi iklan internet dalam bentuk video. Penggunanya memiliki hak untuk mengatur peletakan iklan di video, durasinya, dan menganalisis secara real time hasil penayangannya di web.
Selain itu, pengguna Episodic juga bisa menarik bayaran dari konten yang ditayangkan dengan memasukkan iklan dalam videonya. Bisa juga dengan menetapkan tarif untuk melihatnya yang dibayar lewat kartu kredit. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk layanan streaming dan video on demand.
Bagaimana integrasi Episodic ke dalam YouTube belum ada keterangan sampai saat ini. Yang pasti Google masih memenuhi janjinya untuk melakukan satu akuisisi setiap bulan. Sepanjang 2010, Google telah membeli DocVerse, Picnik, reMail, dan Aardvark.

No comments:

Post a Comment