Tuesday, April 20, 2010

Google Book Kembali Digugat


Google Book Kembali Digugat
TEMPO Interaktif, Jakarta - Google Inc. kembali berhadapan dengan masalah hukum. Perusahaan mesin pencarian terbesar ini digugat sejumlah juru foto, American Society of Media Photographers dan komunitasnya menggugat lawsuit terhadap penampilan gambar pada buku-buku Google yang telah dipindai.
Media Financial Times mewawancarai perwakilan juru foto James McGuire. McGuire menyatakan Google memindai buku dan publikasi dengan gambar-visual visual, yang menghalangi hak-hak pemegang hak cipta gambar tersebut. »Kami mencari kompensasi untuk itu... Kami tidak mencoba untuk membenturkan pihak lain atau terpengaruh oleh tindakan pihak lain. Kami hanya mencoba untuk mendapatkan hasil terbaik bagi penggugat,” kata McGuire kepada Financial Times.
Dalam siarannya, turut menggugat para juru foto dan desain dari the Graphic Artists Guild, the Picture Archive Council of America, the North American Nature Photography Association, dan the Professional Photographers of America.
Gugatan lawsuit ini merupakan kelanjutan putusan pengadilan federal atas gugatan para penulis sejumlah buku yang masuk dalam Google Book. Hakim pengadilan Denny Chin berdasarkan situs asosiasi ini  menyarankan para fotografer dan desainer dari materi visual dalam sejumlah buku penggugat melayangkan gugatan terpisah. »Dari cara pandang keadilan dan efisiensi, ini lebih masuk akan bagi (asosiasi) untuk membuat daftar gugatan sendiri daripada.… menunda gugatan ini.”
FT | PURW

No comments:

Post a Comment