Tuesday, April 20, 2010

Pencipta Bahasa Program Java Tinggalkan Oracle

Pencipta Bahasa Program Java Tinggalkan Oracle
Boston (ANTARA/Reuters) - James Gosling, pencipta bahasa komputer Java dan salah satu pegawai paling terkenal di perusahaan yang baru diperoleh Oracle Corp, Sun Microsystems, telah keluar dari Oracle.
Gosling, yang mengumumkan pengunduran dirinya di "kapling (blog)" pribadinya di Internet baru-baru ini , tak bersedia menyebutkan alasan kepergiannya.
"Mengenai mengapa saya pergi, itu sulit dijawab: Yang dapat saya katakan hanyalah yang lebih tepat dan jujur adalah itu lebih banyak merugikan daripada memberi manfaat," katanya.
Belum jelas apakah kepergiannya mungkin memiliki dampak pada rencana Oracle bagi pengembangan Java, salah satu bahasa komputer yang paling banyak digunakan di dunia.
Kepala Pelaksana Oracle Larry Ellison telah mengatakan ia bermaksud mendorong penanaman modal di Java, yang ia pandang sebagai satu aset perangkat lunak paling penting yang telah diperoleh oleh perusahaannya.
Wanita jurubicara Oracle, Karen Tillman, tak bersedia mengomentari keluarnya Gosling.
Gosling adalah salah satu pegawai peringkat paling tinggi di Sun yang meninggalkan Oracle sejak pembuat perangkat lunak Nomor 3 di dunia tersebut menuntaskan perolehan Sun Microsystem dengan biaya 7,5 miliar dolar AS pada Januari.
Ia bertugas sebagai kepala teknologi kelompok perangkat lunak klien Oracle.
Kepala Pelaksana Sun, Jonathan Scwartz, dan Pemimpin Sun, Scott McNeally, juga telah meninggalkan perusahaan itu.

No comments:

Post a Comment