Wednesday, August 5, 2009

Pengguna Bing di AS Meningkat


Bing.com milik Microsoft meningkatkan pangsanya dalam pasar penggunaan mesin pencari di Amerika Serikat. Kantor berita Reuters memperoleh laporan dari StatCounter (firma riset internet asal Irlandia) bahwa selama bulan Juli 2009, angka pengguna Bing naik sebesar 1%. Menurut data, bulan Juni lalu angka yang diperoleh Bing sebesar 8,23%, sementara pada akhir bulan Juli didapatkan angka 9,41%. Jika angka ini digabungkan dengan pangsa pasar mesin pencari Yahoo! yang baru-baru ini mengikat kerja sama dengan Microsoft, terdapatlah jumlah total 20,36%.

Angka tersebut memang masih terbilang jauh bila dibandingkan dengan raihan Google sebesar 77,54%. Namun ternyata Google mengalami penurunan pengguna. Sebelumnya pada Juni 2009, mereka sukses merebut 78,48% pasar.

Dalam laporannya, StatCounter menyebutkan, "Bing berhasil melakukan perkembangan yang pelan tapi pasti. Namun ikatan kerja sama 10 tahun antara Microsoft dan Yahoo! pekan lalu harus terus berupaya sinergis jika ingin menggeser popularitas Google." Apalagi menurut data mereka, secara global Google masih sangat jauh memimpin pasar mesin pencari, yaitu sebesar 89,23%. Artinya penetrasi Bing dan Yahoo! ke region-region selain AS sangatlah diperlukan.

Sekadar informasi, di Indonesia, Google unggul telak dibanding pesaing-pesaingnya. 96,22% pengguna internet di tanah air memilihnya sebagai mesin pencari, sementara Yahoo! dan Bing masing-masing hanya mencatat angka 2,84% dan 0,7%. Hmm, PR sangat berat memang masih menunggu duo Microsoft dan Yahoo!. (Erry FP)

Sumber: www.infokomputer.com

No comments:

Post a Comment