Saturday, August 29, 2009

Mengenal Content Management System (CMS)


Content Management System, disingkat menjadi CMS saat ini menjadi sesuatu yang tak terpisahkan dari sebuah web. Sebenarnya apa sih definisi CMS? Secara singkat dapat dijelaskan bahwa CMS adalah software yang digunakan untuk mengatur dokumen dan konten sebuah system. Dalam hubungannya dengan web, tentunya yang akan diatur adalah dokumen dan kontennya.

Apakah hanya dokumen dan web konten yang bisa diatur? tentu saja tidak. Dalam perkembangannya hal-hal yang bisa diatur oleh sebuah CMS semakin banyak. Contohnya block atau module position, front page manager, bahkan templates atau themes (tema) dari tampilan CMS kita.

Struktur CMS secara garis besar terdiri dari dua bagian, yaitu Frontend dan Backend. Frontend adalah tampilan halaman web kita, yaitu halaman yang diakses oleh pengunjung umum. sedangkan Backend adalah bagian administrasi yang hanya bisa diakses sang pemilik web maupun orang-orang yang telah ditunjuk untuk melakukan manajemen website. Istilah umumnya halaman admin (admin page).

CMS gratiskah? CMS bisa kita buat sendiri. Namun untuk membuatnya kita harus mempunyai pengetahuan yang memadai tentang bahasa pemrograman dan database. Namun tak perlu khawatir, karena saat ini sudah terdapat puluhan CMS. Ada yang licensed, yaitu anda harus membayar untuk memiliki dan menggunakanya. Namun banyak pula yang gratis, istilahnya Open source.

Kali ini yang akan kita bahas adalah Open Source CMS yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database-nya. Berdasarkan penggunaannya, CMS dibedakan menjadi: Portal, Blogs, E-Commerce, Groupware, Forums, E-learning, Image Gallery, dan Wiki. Berikut saya sarikan beberapa Open Source CMS untuk masing-masing kategori tersebut.

Portal
1024, AIOCP, AssoCIateD, Bcoos, BigAce, BitWeaver, BloofoxCMS, CMS Made Simple, ContentNow, DBHcms, Dragonfly CMS, Drupal, e107, eazyPortal, Elxis, Enano CMS, Etomite, Exponent, ExV2, eZ Publish, Fundanemt, FuzzyLime, Geeklog, iGaming CMS, Jaws, Joomla, LoveCMS, Mambo, MDPro, MODx, Netious, OneCMS, Ovidentia, Pheap, PHP-Fusion, PHP-Nuke, phpwcms, phpWebSite, PLUME CMS, Postnuke, RunCMS, SilverStripe, SPIP, TikiWiki CMS, toendaCMS, Typo3, Typolight, Website Baker, Xaraya, XOOPS, dan YACS.

Blogs
b2evolution, Dotclear, Eggblog, FlatPress, LifeType, Loudblog, Nucleus CMS, sBlog, Serendipity, SimplePHPBlog, Simplog, Textpattern, WB News, Wheatblog, WordPress, dan Zomplog.

E-Commerce
cpCommerce, Freeway, Opencart, osc2nuke, osCMax, osCommerce, phpShop, dan Zen Cart.

Groupware
Achievo, ACollab, dotProject, eGroupWare, Flyspray, Group-Office, more.groupware, phpGroupWare, PHProjekt, ProjectPier, Streber, dan WebCollab.

Forums
bbPress, Beehive, DeluxeBB, FUDForum, IceBB, Mercury, miniBB, MyBB, MyTopix, Phorum, phpBB, PunBB, QuickSilver, SMF, UNB, UseBB, Vanilla, W-Agora, dan XMB.

E-learning
ATutor, Claroline, ClaSS, Docebo suite, Dokeos, DrupalEd, Interact, Moodle, SiteAtSchool, dan SyndeoCMS.

Image Gallery
4Images, Coppermine, Gallery, Gallery 2, LinPHA, Minishowcase, nzFotolog, Phormer, PhpWebGallery, Pixelpost, Plogger, Singapore, Thickbox Gallery, TinyWebGallery, WEBalbum, Zenphoto, dan Zoph.

Wiki
DokuWiki, MediaWiki, PmWiki, QwikiWiki, UniWakka, Wikepage, dan WikkaWiki.

So kenapa harus repot jika apa yang kita inginkan sudah disediakan. Dari seabreg Open Osurce CMs di atas pastinya sangat bermanfaat bagi kita. Hanya saja, biasanya Open Source CMS ini tidak bisa memenuhi keinginan kita 100%, tentunya karena perbedaan kebutuhan antara pihak developer dan user seperti kita.

Source http://kowoy.web.id

No comments:

Post a Comment