Thursday, July 30, 2009

Faktor Yang Membuat G-Chrome Menjadi Cepat

Para pengguna internet, tentu sudah mengenal beberapa macam browser. Masing-masing browser punya keunggulan sendiri.

Namun, sejak beberapa bulan terakhir ini, kita dibuat takjub oleh browser baru buatan Google. nama browser ini tidak lain adalah Google Chrome, atau sayalebih suka menyebutnya G-Chrome.

Apa yang membuat G-Chrome ini begitu dikagumi (khususnya oleh saya) ? Menurut saya, setidaknya ada 2 hal. Pertama, dari segi kecepatan, sedangkan yang kedua dari segi kemampuannya yang membuat seolah-olah browser ini begitu "ringan" ketika dijalankan untuk membuka halaman website.

Faktor apakah yang membuat browser ini begitu cepat, bahkan dapat mengalahkan para "seniornya" ?

Hal ini tidak lain karena
G-Chrome memperoleh tambahan kecepatan dari mesin lain. Maksudnya ? Jadi beginih, G-Chrome mempunyai mesin utama yang bernama webkit, yaitu sebuah HTML Rendering Library.

Mesin ini pertama kali dikembangkan oleh Apple sebagai dasar untuk browser Safari buatan mereka. Mesin rendering ini berfungsi untuk menampilkan halaman website dalam browser seperti halnya halaman yang dibangun dengan bahasa HTML. Webkit ini dibuat dengan pemrograman yang ramping, serta memory load yang optimal, sehingga menawarkan kecepatan yang lebih baik.
HTML adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun internet, tetapi ternyata tidak cukup hanya itu, ada elemen lain yang digunakan untuk pembangunan internet juga, yaitu javascript.


G-Chrome membutuhkan tenaga yang sangat besar untuk menjalankan aplikasi berbasis web. Browser ini mengambil tenaga yang dibutuhkan dari VB Javascript Engine yang dikembangkan oleh Google dan dibuat lebih optimal untuk kecepatan dengan cara khusus.

Engine ini menyiapkan sebuah hidden class yang bertugas untuk mengumpulkan obyek-obyek yang sama. Akibatnya, jika
G-Chrome membuka suatu situs, bila terdapat obyek-obyek yang diperlukan tadi, maka aksesnya akan lebih cepat.

Ada lagi keunggulan lainnya. Ketika browser
G-Chrome ini menuliskan data ke harddisk (contohnya disimpan dalam cache), ternyata browser ini akan membuat proses sendiri. Dengan begitu, walaupun harddisknya lambat, tidak akan berpengaruh terhadap kecepatan browser.

G-Chrome juga mempunyai sesuatu yang baru, yang tidak dimiliki oleh browser lain, yaitu Prefetching DNS-suatu fungsi yang berjalan di background dan menerjemahkan link yang diteruskan menjadi alamat IP ketika membuka sebuah situs.

Itulah sebabnya, ketika browser ini membuka suatu link,
G-Chrome akan dapat menghemat waktu dalam pencarian alamat pada DNS server.

No comments:

Post a Comment