Saturday, September 27, 2008

Install wordpress di komputer pribadi

Dalam pembuatan website/blog biasanya dikerjakan secara off-line di PC sebelum di upload ke internet Hal ini bertujuan untuk mengurangi biaya akses internet apabila harus mempelajari cara menggunakan Wordpress secara online atau ketika melakukan pengeditan wordpress.
Untuk dapat menjalankan WordPress dan jenis Content Management System lain secara off-line sebelumnya kita harus menginstal xampp pada komputer kita. Untuk latihan kali ini kita akan menggunakan xampp yang didalamnya terdiri dari beberapa software yaitu Apache, MySQL. yang nanti akan kita gunakan.

SOFTWARE YANG DIBUTUHKAN

1. Software xampp, untuk menjalankan server dan database di Windows, dapat di download secara gratis di http://www.apachefriends.org/en/xampp.html .
(File nya sekitar 34 MB)
Terdapat 2 tipe paket yaitu ZIP dan EXE, kita akan menggunakan yang EXE karena dapat mengekstrak dirinya secara otomatis ketika dijalankan sehingga mempermudah kita (ukurannya juga lebih kecil dari pada ver ZIP-nya).

2. Software Wordpress Versi terbaru yang bisa di download di http://www.wordpress.org
(File nya sekitar 1.5 MB)
? Setelah selesai mendownload, jalankan file installer xampp,
Install di harddisk ke C:\ dalam Folder bernama xampp.
pilih bahasanya, next untuk memulai instalasi.
Setelah instalasi selesai akan ada pertanyaan apakah akan menjalankan xampp sebagai service. Jika kita jawab yes, maka Apache, MySql dan FileZilla FTP server akan otomatis jalan pada saat komputer kita di hidupkan. Jika kita jawab No, maka kita harus menjalankannya secara manual dengan XAMPP Control Panel yang ada di desktop atau di Start - All Program - Apache Friends - XAMPP - XAMPP Control Panel. Untuk tahap awal ini pilihlah No.
Lalu akan muncul start pertanyaan Start XAMPP Control Panel..?, jawab yes.

? Buka folder C:\xampp
? Jalankan setup_xampp.bat untuk auto configurasinya. (klik 2x. Ini hanya dilakukan saat selesai peng installan saja, selanjutnya tidak perlu dilakukan)

Klik tombol Start pada Apache dan Mysql untuk menjalankan Apache dan Mysql Server. Untuk kedepanya anda bisa menjalankan XAMPP dengan icon XAMPP Control Panel pada desktop (logo di pojok kanan bawah monitor).
Untuk mencoba apakah instalasi sudah berjalan dengan benar, bukalah browser anda, buka alamat http://localhost/ Jika muncul halaman XAMPP for windows berarti anda sudah berhasil menginstall XAMPP.

? Berikutnya dari dari folder C:\xampp (atau di Start - All Program - Apache Friends - XAMPP - XAMPP Control Panel. ) jalankan xampp-control.exe
? Check box Svc artinya menginstall modules sebagai service dari Sistem Operasi. Jadi nantinya akan running seperti rutin antivirus maupun service windows lain. Karena kita cuma ingin bermain-main dengan xampp maka tidak perlu diinstal sebagai service.
? Jalankan Apache dan MySql dengan menekan tombol start di sebelah kanan masing-masing module. Kemudian Exit. (cara ini akan dilakukan kembali apabila komputer habis di restart atau di shutdown)
? Berikutnya buka browser internet anda seperti (Internet Explorer atau Firefox atau Opera dsb), pastikan untuk pemakai proxy agar localhost tidak diakses melalui proxy.

? Ketik http://localhost/xampp/splash.php
? Nanti akan ada tampilan baru dimana kita harus memlih bahasa pengantar untuk XAMPP ini. Pilih English.
? Akan ada tampilan baru lagi yaitu kontrol XAMPP. Dari sini pilih pada bagian Tools>phpMyAdmin.
? Kita akan membuat database baru untuk wordpress.
Caranya masukkan nama
database : ‘wordpress’ dan pada field disebelahnya masukkan ‘utf8_unicode_ci’
kemudian tekan button Create.

(Jika anda ingin membuat database lagi, anda bisa mengganti ‘wordpress’ dengan nama database yg sesuai dengan keinginan anda)

INSTALL WORDPRESS :

?Persiapan database selesai. Sekarang kita harus mendownload paket Wordpress terbaru di www.wordpress.org

?Setelah selesai download, Copy-kan folder file-file script wordpress yang sudah di extract ke C:\program file\xampp\htdocs\situs anda (situs anda adalah folder baru yang dibuat untuk file website/blog Anda)
?Nanti akan tercipta folder baru : C:/xampp/htdocs/wordpress

?Didalam folder wordpress edit file bernama wp-config-sample.php , dengan editor seperti Notepad. Ganti settingnya mengikuti contoh dibawah ini :

===============================
// ** MySQL settings ** //
define(’DB_NAME’, ‘wordpress’; // Nama databasenya
define(’DB_USER’, ‘root’; // Username MySQL
define(’DB_PASSWORD’, ‘dikosongin aja’; // .MySQL password
define(’DB_HOST’, ‘localhost’; // disarankan utk tidak menggantinya

===============================

Karena kita pake webserver di komputer pribadi yang tidak on line, password tidak perlu diisi…
save as menjadi wp-config.php

Keterangan :

* Database Name : latihan (adalah nama database yang telah dibuat sebelumnya lewat PHPMyadmin
* Username: root (adalah nama pengguna yang boleh mengakses database tersebut. defaultnya root)
* Password: kosong (adalah password pengguna untuk mengakses database (dikosongkan aja)
* Database Host: localhost (Adalah dimana database itu tersimpan, tidak perlu diganti.)
* Table Prefix: wp_ (Adalah nama awal yg dapat diberikan untuk nama table pada database, hal ini perlu di ubah apabila akan menginstal lebih dari satu script wordpress pada database yang sama. (tidak perlu diubah))

?Untuk menginstall dan mengconfigurasi Wordpress, pertama kali kita akan membuka halaman wordpress kita, Jalankan web browser anda dan ketik :
http://localhost/wordpress

Nanti web browser kita akan langsung menuju

http://localhost/wordpress/wp-admin/install.php
? Click link ‘First Step’. Beri title Wordpress dan alamat email anda.

? Weblog Title: adalah judul dari website/blog anda, biasanya akan muncul pada bagian atas website / blog anda ketika dibuka.

? Your E-mail: adalah email anda yang akan digunakan sebagai email administrator (dalam versi online, jika ada comment dari pengunjung blog anda, maka anda akan dikirimi pemberitahuannya di alamat email anda ini)

? Klik ‘Continue to second step’

? Tabel-tabel akan dibuat dalam database anda secara otomatis dan tiba-tiba anda sudah diberi account untuk login dengan user name dan password sementara.
Now you can log in with the username “admin” and password “65h73f “.

Pada saat saya mencoba diberi username : admin dan password :65h73f.
(sebaiknya Anda catat agar tidak lupa)
? Langkah Instalasi telah Selesai. Buka Website anda dengan mengetikkan http://localhost/wordpress pada address bar di browser, maka akan tampil sebuah tampilan blog dengan 1 contoh berita berjudul “Hello World” yang berarti Anda telah sukses meng-install wordpress di komputer Anda.

? Setiap akan login silahkan masuk ke alamat http://localhost/wordpress/wp-admin

? (tapi setelah komputer habis dinyalakan jangan lupa ke Start - All Program - Apache Friends - XAMPP - XAMPP Control Panel. ) jalankan xampp-control.exe dan klik start pada Apache dan MySql agar running, kemudian klik exit.

Ø Masukkan user name dan password yang diberikan tadi.
Anda akan dibawa ke halaman dashboard untuk admin
Silahkan bermain-main dengan blog anda. Untuk mencoba situs blog anda silahkan buka http://localhost/wordpress/

Catatan :
? Jika ingin menambah situs anda yang lain, coba buat folder di direktori C:\xampp\htdocs\situs anda

Atau bisa juga dengan cara ini :
Rename folder file-file script wordpress yang baru misalnya menjadi namamu.com,
Tapi sebelum rename folder wordpress tersebut hilangkan “read-only” nya dengan cara klik kanan folder wordpress tersebut lalu hilangkan tanda centang / tanda check di Atribute “Read-only” lalu klik ok dan ok.
Setelah itu extract ke C:\program file\xampp\htdocs\

Nanti akan tercipta folder baru : C:/xampp/htdocs/namamu.com

Lalu mulailah install wordpress seperti cara yang telah di jelaskan di bagian atas tulisan ini.
Setelah selesai install wordpress, anda bisa membuka web browser anda dengan megetikkan http://localhost/namamu.com untuk melihat tampilan website anda yang baru.
Sedangka untuk melakukan pengeditan atau menulis posting baru dll anda bisa mengetikkan http://localhost/namamu.com/wp-admin

SELESAI


No comments:

Post a Comment