Friday, August 27, 2010

Monitor Samsung Magic SyncMaster 17" Mati Total

Kali ini aku dapat servisan Monitor Samsung Magic SyncMaster 17" Mati Total. Monitor ini milik Warnet jadi mungkin sering nyala terus daripada matinya. Jam 22.00 malam aku mulai mengerjakan Monitor Samsung Magic SyncMaster 17" yang Mati Total ini. Monitor tak coba nyalakan, dan terdengar suara "chik ....chik ... chik ...dst". Kalau ada suara seperti ini berarti pertanda bahwa Power Supply bekerja tapi tertahan oleh rangkaian yang konslet, entah di rangkaian horisontalnya, vertikalnya, ataupun rangkaian yang lainnya.

Monitor yang mati ini akhirnya aku bongkar. Aku mulai ngecek bagian-bagian monitor mati ini. Listrik aku lepas dulu, aku mulai cek konsletnya :
1. Biasanya monitor mati seperti ini yang sering rusak adalah transistor horisontalnya karena panas, aku mulai cek transistor ini, tapi ternyata OK.

2. Kemudian dioda penyearah setelah trafo power supply, aku cek dengan AVO meter ternyata semua OK. (Kalau semua OK langsung lanjutkan aja ke rangkain horisontal yang lain, karena biasanya rangkaian vertikal, dan video jarang konslet)

3. Kemudian aku lanjutkan ke bagian FET (biasanya IRF630) tegangan B+ untuk transistor Horisontal, ternyata juga OK.

4. Aku lanjutkan lagi setelah FET, ternyata di situ ada dioda lagi sebelum masuk ke FBT bagian B+ nya. Aku cek dioda itu dan ternyata dioda itu konslet, mungkin karena panas juga. Inilah yang menyebabkan monitor samsung 17" ini mati total.

5. Akhirnya ketemu deh kerusakannya, kemudian aku ganti dioda ini, dan monitor aku test ternyata monitor nyala dan kembali normal.

Bagi anda yang mengalami monitor mati seperti ini, ini adalah sebagian kecil saja dari cara service monitor, karena masih banyak kerusakan yang lainnya....... tunggu episode cara service monitor rusak berikutnya ..........

Selamat mencoba, semoga sukses ........


Sumber: http://ekohasan.blogspot.com/2009/10/monitor-samsung-magic-syncmaster-17.html

No comments:

Post a Comment