Saturday, November 28, 2009

Percepat loading blog wordpress

Semua orang pastilah mendambakan menginginkan kenyamanan ketika mereka melakukan browsing atau blogwalking, begitu juga dengan para blogger termasuk saya (narsis!) pasti dong pengen agar blog yang dipelihara sejak kecil (halah…) dikunjungi banyak orang dan mereka pun betah berlama-lama berada di rumah dunia maya tersebut, membuka halaman demi halaman yang pernah kita tulis kemudian membacanya, setelah itu memberikan komentar (bukan spam lho ya), dan mempraktekkannya, terlebih lagi jika mereka kemudian mengamalkannya kepada orang lain… Subhanallah… nikmat banget rasanya…
Pada pengen ga sih? Jika Anda pengen seperti itu, maka wajib deh rasanya Anda mengelola blog Anda agar lebih cepat dan mudah diakses oleh siapapun… Maka dari itu percepat loading blog wordpress Anda, Setuju ?
Sebenarnya tips percepat loading blog wordpress ini tidak hanya berlaku bagi pengguna wordpress saja, tapi bisa juga pada semua pengelola blog yang dihosting sendiri maupun yang gratisan, entah itu di Blogspot, Wordpress, Blog Detik, atau di-manapun-lah… Hanya saja sering kali tampak mereka belum paham membuat blog dengan tampilan yang bersih, bagus namun cepat loadingnya. Kadang kala mereka mementingkan diri sendiri daripada pengunjung. Padahal seperti menjadi keharusan bahwa setiap blogger harus membuat pengunjung mereka betah dengan tampilan blog, mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, dan cepat dalam proses loading halaman, iya nggak ? (sorry brother… no offence *damai* ) maka dari itu percepat loading blog wordpress Anda
Berikut ini adalah beberapa tips untuk percepat loading blog wordpress, agar tampilan blog Anda mudah diakses dan tidak lambat :

1. Pilih tamplate minimalis
Iya sih saya setuju banget, memang dalam pemilihan themes sangat tergantung selera masing-masing blogger, namun Anda perlu memahami hal yang mendasar, yakni bahwa blog ada agar mudah dibaca orang lain dan bukan hanya sekedar arsip pribadi. Karena itu kenyamanan pengunjung lebih diprioritaskan daripada kesenangan pribadi.
Pilihlah themes yang mempunyai 2 kolom atau 3 kolom, yakni untuk kolom content (isi) dan kolom sidebar (widget). jangan menggunakan kolom tunggal (1 kolom saja), karena fungsi kolom sisi adalah sebagai pelengkap, ngga asik juga kan kalo content tidak dilengkapi dengan recent post, random post, recent comments, dll.
Pilih bentuk dan ukuran font yang tepat, hal ini bisa dicoba-coba mana yang paling enak dibaca, memang hal ini akan sangat tergantung dari CSS template itu sendiri. Sebetulnya kita bisa mengubah bentuk font dengan mengubahnya dalam file style.css, sesuaikan dengan selera Anda, bila Anda kebingungan dalam meng-edit CSSnya, pilihan terbaik adalah memilih template yang pas, semantik, dan W3C valid, tentunya sesuai dengan selera Anda. Hal terakhir yang perlu diperhatikan juga adalah menu Navigasi, jangan sampai pengunjung blog Anda tersesat karena minimnya navigasi.

2. Gunakan gambar dengan ukuran file kecil
Gambar memang penting sebagai penunjang tampilan blog, yups… hal ini juga pernah juga di sampaikan oleh mas Kristupa pada waktu saya mengikuti Refreshing on UNS BlogFest 0.9, namun jika tampilan gambar terlalu besar akan sangat mengganggu pengunjung, apalagi bagi pengunjung yang browsing dengan menggunakan koneksi yang lambat. Berikut ini tipsnya untuk percepat loading blog wordpress :
Pilihlah yang berekstensi .jpg, .gif, ataupun .png dan kompress ukurannya dengan image editor sehingga ukurannnya menjadi kecil tanpa terlalu mengurangi kualitas warna
Hindari gambar berwarna tajam, karena jenis gambar ini pasti berukuran besar
Boleh saja menggunakan gambar animasi, akan tetapi tetap memperhatikan ukuran dan besarnya ukuran file, dan jangan terlalu banyak menggunakan animasi pada blog Anda

3. Minimalis halaman depan blog
Pastilah setiap pengunjung akan mampir di halaman depan (homepage), baru setelah itu akan membuka postingan yang dirasa cukup menarik bagi mereka. Oleh karena itu, buatlah halaman depan seminimalis mungkin agar pengunjung tidak perlu berlama-lama menanti loading homepage selesai, caranya adalah dengan tidak menampilkan semua isi postingan di halaman depan, cukup deskripsinya saja. Berikut ini tips untuk minimalis tampilan halaman depan agar percepat loading blog wordpress :
Tulislah sebuah paragraf pengantar yang mendeskripsikan isi postingan dia awal paragraf
Potong content (isi) pada satu atau dua paragraf pertama dengan tag more ()
Tampilkan 5-7 judul posting terakhir, sehingga pengunjung lebih mendapat kesempatan melihat postingan lain yang dirasa menarik untuk dibaca, untuk mengubahnya silahkan login ke Dashboard > Settings > Reading

4. Buang widget yang tidak penting
Pada dasarnya widget bagus dan dapat menambah nilai estetika pada suatu blog. Namun seringkali banyak widget yang tidak punya fungsi penting juga ditampilkan, ini berimbas pada kecepatan loading blog. Perhatikan tips berikut ini saat akan memasang widget guna percepat loading blog wordpress :
Pilih dan gunakan widget yang penting-penting saja, diantaranya adalah : Recent post, Recent comments, Random post, Search, Category, Archieve, dan Site info seperti traffic, dan widget dari pihak lain (jangan terlalu banyak)
Hindari widget kurang penting seperti meta, calender, twitter, chat, video, gambar animasi, dan lain sebagainya

5. Matikan fitur snapshots
Ada sebagian orang tidak suka bila berkunjung kesebuah blog terdapat fitur snapshot yang sering kali mengganggu (memperlambat) navigasi, saya salah satunya

6. Gunakan paginasi komentar
Paginasi komentar adalah membagi/men-split komentar menjadi beberapa halaman. Fitur ini sudah ada dalam wordpress, fungsinya sangat berguna bagi blog yang mempunyai banyak komentar, kalo blog saya sih mengabaikan tips ini, kenapa? karena komentar yang ada di blog saya masih sedikit mungkin bila sudah banyak baru deh diterapkan…
Caranya adalah login ke Dashboard > Settings > Discussion. Setelah itu aktifkan paginasi komentar, jumlah komentar yang ingin ditampilkan terserah Anda, namun usahakan tidak terlalu banyak.

7. Gunakan plugin
Instalasi plugin sangat bermanfaat untuk percepat loading blog wordpress, diantara plugin yang saya gunakan adalah :
Plugin Wp-super-cache, seperti umumnya plugin caching system, plugin jenis ini membantu agar blog kita lebih cepat di akses dan responsif.
Plugin Wp-Optimize, plugin ini mengoptimasi database dan membersihkan database anda, sehingga table data yang sering di update.

8. Minimalisir Whitespace di kode PHP dan CSS
Bagi yang belum tahu, Whitespace adalah spasi yang digunakan dalam penulisan kode. Whitespace digunakan agar tampilan kode mudah dibaca dan terorganisir. Namun meminimalisirnya akan percepat loading blog wordpress dan mencukur ekstra bytes dari total byte Anda.
Contohnya :
#container {width: 980px;margin-right: auto;margin-left: auto;text-align: left;}
#header {width: 980px;height: 173px;}
Setelah whitespace hilang menjadi :
#container { width: 980px; margin-right: auto; margin-left: auto; text-align: left; }#header { width: 980px; height: 173px; }
Tentu saja hal ini berdampak untuk percepat loading blog wordpress

9. Membuang plugin yang tidak terpakai atau tidak terlalu berguna
Ternyata banyak plugin yang tidak saya pakai dalam blog saya, ya sudah tanpa banyak kata langsung hajar plugin yang ga kepake DELETE. Dan juga file yang tidak terpakai saya buang, misalnya pada themes ini, file Ads.php dan feedburner.php . Ke-2 file tersebut tidak saya gunakan maka saya buang. Dampaknya pun lumayan, selain kapastas disk space yang digunakan berkurang, hal ini juga dapat percepat loading blog wordpress

10. Tidak menyimpan file gambar pada direktori upload
Menyimpan file gambar pada direktori upload bisa menjadi masalah besar. Kenapa saya katakan masalah besar ? Karena internet penuh dengan tukang copy-paste, jika artikel kita menampilkan banyak gambar dan kebetulan tukang copas (copy-paste) mampir lalu naluri mencurinya muncul saat membacanya, ia kemudian langsung meng-copy seluruh isinya dan paste ke blognya… Bukan saja artikel namun semua file gambar kita ikut di ter-copy dan dampaknya pun sangat dahsyat, file-file gambar yang tampil diblognya memakan bandwidth kita dan imbasnya akan membuat lelet blog kita jika trafik blog si pencuri tinggi.

Itulah banyak beberapa tips singkat untuk percepat loading blog wordpress dari pengalaman saya pribadi untuk percepat loading blog wordpress, tanpa mengurangi kenyamanan pengunjung dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Memang tips-tips tersebut agak bertolak belakang dengan ego kita selaku webmaster yang notabene ingin tampilan blog kita menjadi semenarik mungkin bagi diri kita pribadi. Tapi tentunya (sekali lagi) kita harus berpikir, bahwa kita ngeblog adalah karena ingin pengunjung itu hadir dan membaca, oleh karena itu buatlah pengunjung tersebut merasa nyaman di rumah (blog) kita.

Silahkan baca juga tulisan saya yang terkait tentang :
5 tahap dasar design website
Tips meningkatkan trafik blog
Referensi tips n trik percepat loading blog wordpress ini saya peroleh dari blog mas Rismaka, dan saya tambahkan beberapa tips yang lainnya sekiranya dapat mendongkrak untuk percepat loading blog wordpress… Semoga sedikit ilmu yang ditularkan oleh beliau dan saya publikasikan disini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian…

sumber: http://masiqbal.net/percepat-loading-blog-wordpress.php

No comments:

Post a Comment